Kesra Gelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Keluarga, Mewujudkan Rumah Sehat

Kobagma,Teraspapua.com – Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah.

Kegiatan sosialisasi yang digelar di kantor Kesbangpol di Kobakma, ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah dibuka secara resmi oleh Sekda Mesir Jikwa, Sabtu (5/8/2023).

banner 325x300banner 325x300

Kegiatan sosialisasi itu menghadirkan pemateri, Lulus Puji Astuti dari Provinsi Papua Pegunungan tentang rumah layak huni.

Sekda Mesir Jikwa memberikan apresiasi kepada bagian Kesra yang sudah menggelar kegiatan sosialisasi rumah sehat dan kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah kepada masyarakat.

Untuk itu, Sekda Mesir meminta agar peserta bisa menyimak dengan baik materi yang diberikan dan dapat disosialisasikan juga kepada masyarakat dan ASN lainnya.

“Bapak dan ibu yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini hendaknya melakukan sosialisasi juga di tempat tinggal maupun pada saudara dan sahabat agar mereka juga mengetahui dan mengerti,” ujarnya.

Menurutnya, bapak dan ibu yang ambil bagian dalam kegiatan ini juga mempunyai peran untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan apa yang sudah didapat.

Sementara Perwakilan Bagian Kesra Amal Rabang Matasik mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang bagaimana membangun rumah layak huni agar masyarakat paham termasuk tentang kepemilikan tanah.

Bagian ini penting, agar kedepannya tidak menjadi masalah dan sengeketa yang berujung ke hukum.

“Perlu diketahui bahwa di Papua Pegunungan ini masih erat kaitannya dengan hukum adat, sehingga ke depannya dapat dipisahkan mana tanah yang milik adat dan mana yang menjadi milik perorangan. Ini harus dimengerti peserta,” imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri diikuti masyarakat dan ASN di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah.