Pembukaan Rainas XII, Ka Kwarda Papua Kristhina Luluporo Sambut Wapres Ma’ruf Amin dan ibu Wury Estu Handayani

Jakarta, Teraspapua.com – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) gerakan Papua, Kristhina R. I Luluporo Mano turut menyambut Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan ibu Wury Estu Handayani, pada upacara pembukaan Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (14/8/2023).

Bahkan para penari dari Kwarda Papua, melakukan tarian untuk menyambut Wapres) Ma’ruf Amin dan ibu Wury Estu Handayani dari gerbang masuk Bumi Perkemahan ke depan tribun utama.

Dalam keterangan Pers Ka Kwarda Papua Kristhina R. I Luluporo Mano menyebutkan, Kwartir Daerah  gerakan Papua hadir sebagai peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023.

“Kwartir Daerah  gerakan Papua menyuguhkan penyambutan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin selaku inspektur upacara, dan menjadi tradisi. Pasalnya, kata Raimuna berasal dari daerah kepulauan Yapen, yang berarti tempat berkumpulnya para pemimpin, ataupun pimpinan suku,” kata Kristhina.

Dan hari ini Rainas XII dihadiri oleh semua pemimpin-pemimpin, terlebih khusus adik-adik yang ada sebagai penegak dan pandega yang hadir di dalam Rainas XII tahun 2023,” imbuhnya.

“Harapan saya, dengan dilaksanakannya Rainas XII ini, gerakan Pramuka masih menjadi tempat untuk membina, menyiapkan watak dan karakter generasi muda. Terutama, generasi muda di tanah air Indonesia,” ujarnya.

Kristhina juga berharap pada adik-adik yang mengikuti Raimuna, boleh menjadi contoh, teladan dan panutan bagi teman-teman lainnya, sehingga gerakan Pramuka tetap menjadi tempat atau wadah di mana watak dan karakter generasi muda dibina di tempah, dengan harapan generasi muda ke depan harus lebih baik dari generasi muda sekarang.

Terlebih khusus ungkap Kristhina, untuk adik-adik yang ada di Kwarda gerakan Pramuka Papua. Saya sangat berharap orang tua, tetapi juga pemerintah mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh gerakan Pramuka.

“Sehingga, ke depan adik-adik kita ini adalah generasi-generasi yang benar-benar dipersiapkan yang mempunyai watak dan karakter yang betul-betul berkualitas untuk membangun Papua ke depan,”harap Luluporo.

Luluporo juga menambahkan, Kwarda Papua juga ikut membuka stand pameran, masing-masing kwartir cabang mengisi materi pameran dan setiap hari kami akan menyuguhkan makanan khas dari Papua dan bergantian akan disuguhkan oleh masing-masing Kwarcab.

“Kali ini juga Kwarda Papua masih meliputi 28 kabupaten dan satu kota. Nanti setelah Musyawarah Nasional, teman-teman yang ada di kuartir cabang yang sudah terbagi di dalam daerah otonomi baru mereka akan terpisah dengan sendirinya,” jelasnya.

Kami berharap, walaupun kita terpisah kita tetap adalah satu Kwartis Daerah Papua yang tetap harus mempunyai pikiran dan pendapat, bahwa Pramuka masih menjadi tempat untuk menyiapkan generasi muda Papua kedepan yang lebih baik.

“Kepada semua kontingen dari Kwarda Papua, Kwarcab-Kwarcab yang mengikuti kegiatan pada saat Rainas XII, saya sangat berharap bahwa kali ini adalah kesempatan bagi adik-adik untuk mengikuti Rainas XII,” tandasnya.

Untuk itu, ikuti dengan baik, disiplin dan penuh tanggung jawab sehingga ketika pulang nanti kita selalu ada dan tampil berbeda dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa Pramuka itu tetap kita geluti dan tetap menjadi contoh bagi adik-adik yang lain.

Sehingga kita berharap bahwa ke depan Pramuka diminati oleh generasi muda yang ada di tanah Papua,” pungkasnya.

(Har/Ricko)