SMPN 1 Jayapura Mulai Menerapkan Program Keluarga Parenting Class

Jayapura,Teraspapua.com – SMP Negeri 1 Jayapura terus melaksanakan program-program yang diturunkan oleh Kementrian pendidikan dan Kebudayaan RI.Tertutama untuk membentuk karakter anak.Salah satunya program keluarga, Parenting Class

Apalagi dibawah kepemimpinan Purnama Sinaga S.Pd.,M.M.Pd,salah satu Kepsek yang sangat cerdas dan responsip terhadap sistim Pendidikan apalagi di tengah merebaknya pandemi Covid-19 ini.

Sekolah ini mulai menerapkan Parenting Class kesehatan reproduksi remaja dan bahaya penyalahgunaan narkoba,yang melibatkan peserta didik dan orang tua paguyuban kelas VII-J SMP setempat.

Terpantau Wali Kelas Meisya Fitria Suryaningrum, S.S ikut mengawasi anak walinya dalam mengikuti program yang baru dilakukan itu.

Kepala Sekolah,Purnama Sinaga,S.Pd.,M.M.Pd mengatakan SMP Negeri 1 mulai menerapkan program Pendidikan keluarga yang diturunkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

” Jadi salah satu program yang diterapkan dalam program pendidikan keluarga yaitu Parenting Class atau kelas orang tua ” ujar Purnama Sinaga.

Menurut Purnama Sinaga ,hari ini kelas VII-J yang mengikuti program yang disponsori oleh paguyuban kelas.Dimana orang tua diberikan materi-materi yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi dan bahaya narkoba.

Purnama Sinaga juga menjelaskan, pada sesi pertama narasumber memberikan materi kepada orang tua dan siswa.Kemudian untuk sesi kedua khusus untuk siswa saja.

“Tapi setelah pertemuan pada pagi ini ada tindak lanjut , ada sering antara orang tua dan siswa dan itu metode yang diambil oleh narasumber”terangnya.

Kami berharap dengan adanya kegiatan Parenting kelas ini maka orang tua bisa mengarahkan anak dalam masalah kesehatan reproduksi dan juga tentang bahaya narkoba karena itu juga dalam rangka pembentukan karakter tentunya.

Menurut mantan Kepala SMP Negeri 6 Jayapura itu bahwa Parentang Class ini sangat penting dan bermanfaat bagi peserta didik.

“Kita tahu bahwa narkoba saat ini merupakan salah satu kejahatan sosial yang ada di masyarakat sehingga kerjasama antara orang tua ,sekolah dan masyarakat sangatlah penting.Maka pemberian informasi dan pemahaman ini sangat penting kepada anak-anak di usia dini”ujarnya.

Bambang Jekwan salah satu orang tua murid mengatakan program  ini sangat penting untuk masa pertumbuhan anak.

“Jadi mereka juga bisa memahami apa yang harus mereka lakukan dan apa yang seharusnya tidak boleh mereka lakukan”ujarnya.

Jadi dengan kegiatan Parenting Class ini ,anak-anak kami bisa mengetahui hal-hal yang positif maupun negatif sehingga kedepan mereka bisa memproteksi diri dari dan tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak kita inginkan .

Begitu juga terkait narkoba anak-anak kami ini bisa paham bahwa narkoba bisa merusak masa depan mereka.

(Ricko).