Gelar Halal Bihalal, Tonny Wanggai Sebut Benhur Tomi Mano Seorang Pemimpin Yang Toleran

Ketua Komisioner V DPN IKAPTK, Dr., Drs. Benhur Tomi Mano, MM Dr. H. Toni Wanggai, SAg, MA

Jayapura, Teraspapua.com – Sehubungan dengan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah bagi umat muslim di kota Jayapura, komisioner V Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan bersama solidaritas mantan Camat dan istri Kabupaten Jayapura menggelar Halal Bihalal.

Momen untuk menjaga tali selaturahmi itu berlangsung di kediaman mantan Wali Kota Jayapura dua periode, Dr, Drs., Benhur Tomi Mano, MM Jalan Jeruk Nipis Kotaraja, Distrik Abepura Kota Jayapura Papua, Senin (1/5/2023).

Tampak hadir pada kegiatan yang bernuansa keakraban dan silaturahmi ini alumni Pamong Praja, baik IPDN, APDN, STPDN maupun IPP.

Halal Bihalal ini diawali dengan pebacaan kalam Ilahi oleh Qoriah ifrotul umayah juara 1 terbaik putri tingkat Provinsi Papua, Saritilawah Anissa Tri Riskiana. Sementara hikmah Halal Bi Halal disampaikan oleh Ustaz Dr. H. Toni Wanggai, SAg, MA .

Pada kesempatan ini juga Ketua Komisioner V DPN IKAPTK/ Dr., Drs. Benhur Tomi Mano, MM menyerahkan bantuan kepada anak-anak Panti Asuhan Muhammadiah Abepura dan Mualaf Al Fayage Angkasapura.

Ketua Komisioner V DPN IKAPTK, Dr., Drs. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutan mengatakan, hari ini kita melakukan Halal Bihalal, di mana umat muslim satu bulan penuh menjalankan salah satu rukun Islam yaitu puasa.

“Mereka telah menahan lapar dan haus selama satu bulan, dan mencapai kemenangan atau fitra. Sebulan telah menunaikan ibadah puasa dengan baik dan puasanya mencapai kemenangan,” kata Tomi Mano.

Lanjut Tomi Mano menyebutkan, sekarang hati kita ibarat kertas putih yang tak bernoda, bayi yang baru lahir. Untuk itu, seorang Pamong Praja harus bersih dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dimanapun dibuang, ibarat teratai kita tumbuh di mana-mana. Sebagai pengabdian kepada masyarakat di gunung-gunung dan lembah-lembah.

Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial ini juga menegaskan, tunaikanlah tugas teman-teman itu dengan baik, karena Pamong Praja adalah perekat bangsa, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hari ini kita melakukan Halal Bihalal di rumah seorang nasarani, di tempat ini dibacakan kalam Ilahi dengan suara yang nyaring, hal ini menunjukkan bahwa Pamong Praja, sebagai tameng menjaga kerukunan dan toleransi beragama,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano berpesan, dimanapun kita harus membaur dengan masyarakat sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Jaga itu dengan baik.

Seorang Pamong Praja yang ulet, dalam kiprah perjalanan kita sebagai kader-kader Pemimpin. Kami disiapkan menjadi pemimpin bukan sebagai jongos,” tegasnya..

“Bekerjalah dengan hati yang tulus, berpuasa kita sudah melakukan dengan baik maka marilah kita melayani masyarakat juga dengan baik dengan sempurna, excellent. Ini ajang silaturahmi. Kita memperkuat kebersamaan dan persatuan,” papar Tomi Mano.

Lanjut pamong sejati itu, kita ada senior ada junior, harus menghormati, menjadi terdepan, hadir untuk menjadi solusi pemecahan dimanapun ditempatkan, memberi inovasi-inovasi baru dan menjadi perekat bangsa dan penjaga NKRI,” pungkasnya.

Sementara Ustaz Dr. H. Toni Wanggai, SAg, MA mengapresiasi kegiatan Halal Bihalal yang diinisiasi oleh mantan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano yang juga selaku Ketua Komisioner V DPN IKAPTK, usai momen Idul Fitri, kemudian bisa mengkonsulidasi membangun silaturahmi, kekeluargaan sekaligus kerukunan dengan seluruh alumni Pamong Praja.

“Momen ini sekaligus reuni, kita saling mengenal, karena sudah lama tidak berjumpa, saya pikir ini sebuah momen baik yang dilakukan BTM. Sekaligus sebagai bukti bahwa beliau adalah seorang bapak, pemimpin yang toleran,” ujarnya.

Dapat membawa kedamaian dan juga sekaligus menunjukkan bahwa beliau mampu mengelola sebuah pemerintahan dengan baik. Apalagi pernah dikasih amanah oleh rakyat Kota Jayapura selama 10 tahun,” tammbah Tonny.

“Jadi kami melihat ini sangat luar biasa melakukan konsolidasi ini, mudah-mudahan ini semakin kuat seluruh alumni mulai dari tingkat Kelurahan, Distrik, Kabupaten, Kota sampai tingkat Provinsi.

Ketua Panitia Dr. Sonny Liston Kafiar, M, Si dalam laporan mengatakan, dalam rangka Hari Raya Idhul Fitri 1444 H, DPN IKAPTK dan SOCAKAB/SICAKAB pada awal puasa sudah melakukan safari ramadahan ke Panti Asuhan Muhamadiah, Nadathul Ulama (NU) dan Kristen di Kabupaten Kerom, Jayapura dan Kota Jayapura.

Halal Bihalal ini bertujuan, menjaga tali silaturahmi agar menjadi fitrah kembali dan menambah keharmonisan hubungan antar sesama besturen atau kybernain, Juga berdampak dalam hubungan kerja dan kemasyarakatan.

“Halal Bihalal ini sebagai moment konsolidatif yang membangkitkan semangat para Pamong Praja untuk melihat ke dalam, menemukan identitas dirinya, lalu mengukur keberadaannya, terutama perannya selama reformasi dan otonomi khusus papua jilid I berlangsung,” ujarnya.

Selain itu kata Sonny, sebagai moment untuk menjadi pelecut rasa percaya diri dan sepakat, bahwa Pamong Praja adalah figur, pribadi yang mandiri dan otonom.

Begitu juga untuk membangkitkan semangat dan menjadi saat yang tepat bagi Pamong Praja, melangkah pasti menuju tujuan yang telah digagas pendahulu,” sambung Sonny.

“Kegiatan ini juga untuk mengembalikan kejayaan Pamong Praja sebagai primus interpares. otonomi khusus jilid II dan pemekaran Provinsi Papua menjadi titik balik bagi Pamong Praja,” tandasnya.

Untuk menentukan langkah besar kontribusinya terhadap bangsa dan negara terutama pada kebijakan yang mencakup sistem layanan kesehatan, pendidikan, efektivitas pemerintahan dan modal sosial masyarakat,” tutup Sonny.

(Har)