DPRD Kota Jayapura Gelar Paripurna Istimewa, Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan PAW Anggota NasDem

Proses pengambilan sumpah dalam rapat Paripurna DPRD Kota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – DPRD Kota Jayapura menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Jayapura dari partai NasDem, sisa masa jabatan 2019 -2024 atas nama Pares Lood Wenda, S.E, Selasa (30/05/2023).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, SH.,MH, didampingi Wakil Ketua I, Joni Y. Betaubun, SH., MH dan Wakil Ketua II, Silas Youwe, serta diikuti segenap anggota DPRD Kota Jayapura, dan dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota, Frans Pekey dan Forkopimda, serta jajaran pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

Diketahui bahwa pemberhentian dan pengangkatan PAW sesuai keputusan DPP Partai Nasdem nomor 9- Kpts/DPP-Nasdem/I/2003 tentang pemberhentian saudara Stanis Hike, SH dari keanggotaan Partai Nasdem dan mencabut kartu tanda anggota (KTA).

Kemudian surat Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Nomor 9-SE/DPP-NasDem/I /2023 tanggal 31 Januari 2023 perihal usulan pergantian antarwaktu (PAW).

Oleh sebab itu, berdasarkan Keputusan Gubernur Papua Nomor: 155.1/129/Tahun 2023. Tanggal 29 Maret 2023 , tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Kota Jayaputa atas nama. Lood Wenda sebagai Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Kota Jayapura, menggantikan Stanis Hike, SH.

Politisi Partai Nasdem itu resmi mengemban tugas sebagai anggota DPRD Kota Jayapura, setelah mengucapkan sumpah dalam rapat Paripurna DPRD Kota Jayapura tersebut.

“Rapat Paripurna Istimewa DPRD kota Jayapura ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua, Nomor : 155.1/129/Tahun 2023. Tanggal 29 Maret 2023 tentang Peresmian, Pemberhentian dan Pengangkatan Pergantian Antar Waktu, Anggota DPRD Kota Jayapura Periode 2019-2022,” kata Abisai Rollo dalam sambutannya.

Lanjut kata Abisai Rollo, dalam dunia organisasi politik, maka peristiwa peresmian, pemberhentian dan pengangkatan pergantian antar waktu bagi setiap anggota DPRD kota Jayapura, merupakan hal yang wajar dan sebagai suatu proses pembelajaran berpolitik dan penegakan supremasi hukum.

Setiap anggota DPRD yang ditugaskan oleh partai politik dalam lembaga legislatif, senantiasa dituntut untuk patuh dan taat serta disiplin dalam melaksanakan segala ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia,” tambah Abisai Rollo.

Karena menurutnya, peraturan politik itu bersifat mutlak ( Absolut ) dan mengikat untuk harus ditaati dan dipatuhi oleh setiap anggota partai politik yang ditugaskan di dalam lembaga legislatif

“Untuk itu, agar peraturan partai politik itu dapat dibaca dan diartikan sebagai medan pertarungan berbagai kepentingan, karena itu kita dituntut agar dapat memahami secara utuh makna dan tujuan dalam peraturan organisasi partai politik yang kita jalani sebagai pengurus Parpol maupun sebagai anggota legislatif,” jelas Abisai Rollo.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Stanis Hike  yang hari ini dinyatakan berakhir masa jabatannya dan digantikan oleh Pares Lood Wenda. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Stanis Hike,” ucap Abisai Rollo.

Abisai mengatakan, selama 3 tahun Stanis Hike melaksanakan tugas kerja untuk pelayanan kepada masyarakat bersama kami pimpinan dan anggota DPRD Kota lainya.

Kepada Pares Lood Wenda yang baru saja dilantik, saya berharap ketika bergabung maka bersama-sama bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat daerah pemilihan kita masing-masing, tetapi lebih khusus kepada seluruh masyarakat kota Jayapura.

“Jadi, kita sudah kembali menjadi 39 anggota dewan, namun masih kurang satu yaitu dari partai PKB yaitu pengganti almarhum H. Umar Padesa itu akan dilantik pada waktu yang akan datang, sehingga saya berharap pada saat kita berakhir masa periode 2024 kita tetap berjumlah 40 orang,” ungkap Politisi Golkar Kota itu.

Sekalipun dengan pemilihan nanti ada jumlah 35, karena berdasarkan jumlah penduduk yang berkurang tetapi saya berharap bahwa kita semua 40 anggota dewan yang ada tetap percaya diri untuk bekerja dengan baik dalam pelayanan kepada masyarakat di kota Jayapura,’ Tandasnya.

Sementara Pares Lood Wenda, S.E mengaku sangat mengucap syukur kepada Tuhan oleh karena kasih dan kemurahan-Nya sehingga hari ini bisa terlaksana proses pelantikan saya sebagai anggota DPRD Kota Jayapura.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus Partai NasDem baik DPP, DPW maupun DPD yang telah memperjuangkan proses PAW sampai hari ini bisa terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Siswa waktu 1 tahun lebih ini Pares janji, akan melanjutkan agenda-agenda kedawanan kemudian juga di Fraksi yang sudah ditinggalkan oleh pendahulu saya, Stanis Hike, SH.

“Selaku kader Partai saya akan terus menjalankan amanah partai,” jelas Pares.

Ditempat yang sama Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Jayapura, Herry Kabey mengatakan, proses yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya bisa dilaksanakan pada hari ini yaitu, rapat paripurna dalam rangka Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu.

“Hal ini akan memberikan kejelasan juga kepada Stanis Hike maupun Pares Lood Wenda, sehingga menjelang Pemilu 2024 nanti Stanis bisa mengambil keputusan terkait dengan langkah beliau untuk maju menggunakan Parpol apa,” kata Kabey.

Kabey mengungkapkan PAW dilakukan karena, merupakan sengketa pada awal Pilek 2019, dan memang ini keputusan tertinggi partai yaitu di Mahkamah partai, sehingga amanah dari keputusan tertinggi ini yang wajib kita sebagai kader semua melaksanakan.

Ketika ditanya target kursi Partai NasDem pada Pemilu 2024, Herry menegaskan searah dengan Ketua DPD Kota yaitu NasDem target pimpinan DPRD Kota Jayapura.

Sementara pada pemilu tahun 2019 lalu, NasDem hanya mampu meraih 4 kursi DPRD Kota Jayapura dari 4 Dapil yang ada,” akui Herry Kabey

(Har)