Reses di Kelurahan Yabansai, Lina Marlina Serap Aspirasi Dari Masyarakat Disabilitas

Jayapura Teraspapua.com – Anggota DPRD Kota Jayapura Lina Marlina, ST dari Fraksi Golkar menyerap aspirasi masyarakat melalui reses masa persidangan kedua tahun anggaran 2023, di Kampwolker, RT03/RW02, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Sabtu (3/6/2023).

Reses yang di gelar Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Jayapura kali ini melibatkan masyarakat penyandang disabilitas yang ada di Kota Jayapura. Lina Marlina juga menyerahkan sembako kepada warga Disabilitas tersebut.

Hal ini tentu mendapat apresiasi dari Pemkot Jayapura melalui Dinas Sosial dan masyarakat setempat, karena kader Partai Partai Keadilan Sejahtera(PKS) bisa menjaring aspirasi dari kaum Disabilitas.

Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Dr, Djong Makanuai, ST, MM kepada Teraspapua.com mengaku ini merupakan agenda reses yang sangat luar biasa dari anggota DPRD kota Jayapura Ibu Lina Marlina. Untuk menyampaikan apa yang menjadi harapan warga masyarakat di Dapil Heram dan Muara Tami.

Kami kata Djong diberikan ruang untuk memberikan edukasi bagi warga disabilitas, terhadap Reses bersama warga disabilitas, sehingga walau dalam kondisi tidak sempurnah, rentang terhadap pelayanan.

“Maka hari ini kami mencoba memberi matode-metode apa yang menjadi standar pelayanan pada dinas sosial dalam membantu mereka untuk bisa melakukan apa yang menjadi kebutuhan mereka,” ujar Djong.

Contohnya seperti BPJS Kesehatan, itu yang kami coba memberikan pemahaman, edukasi sehingga pelayan BPJS kesehatan ini bisa jauh lebih mudah kepada warga disabilitas,” tambah Djong.

Begitu juga sambung Djong, bantuan sosial (Bansos) yang ada pada Kementrian sosial melalui data DTKS ini juga yang kami sampaikan mekanisme prosedur, seraya berharap warga disabilitas ini bisa terimput by name and by address untuk mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial.

“Karena kondisi tubuh mereka yang kurang , maka ini tentu menjadi tugas utama Negara, Pemerintah Daerah dan kita di dinas Sosial untuk memberikan ruang pelayanan yang lebih khusus kepada mereka,” terang Djong.

Djong juga menjelaskan, dengan melihat kondisi hidup mereka, seperti Yayasan Humania di Polimak yang rumahnya cukup memprihatinkan, maka kami sudah berdiskusi dengan pihak Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura untuk sama-sama kita berfikir bagaimana fasilitas mereka, khususnya Yayasan Humania, kita bisa memberi rumah yang baik, tempat tinggal mereka yang layak.

Ini yang kami berupaya melalui BBPPKS dan Kementrian Sosial, dalam hal ini ibu Menteri,” imbuhnya.

Terkait dengan jumlah data Disabilitas di Kota Jayapura, Djong mengungkapkan Dinsos masih update, sambil menunggu data dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia atau PPDI, terkait berapa warga yang belum kita masukan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

“Sehinggah kita belum bisa pastikan berapa jumlah.Tapi yang terhimpun di Yayasan Humania kurang lebih 34 orang lebih yang kami layani, tapi juga Kementrian setiap tahun anggaran, Tapi yang diluar Humania ini yang belum mendapat data valid,” beber mantan Kepala Distrik Jayapura Selatan itu.

Setiap tahun kata Djong, mereka yang tergabung dalam PPDI mendapatkan nutrisi berupa bantuan sembako dari Pemerintah dan juga Bansos BLT.

Sementara dihadapan kaum Disabilitas, Lina Marlina menyampaikann kerinduan selama ini untuk bertemu dengan mereka, dan hari ini bisa tercapai pada mas reses II tahun ini.

“Teman-teman Disabilitas juga bisa merasakan kesejahteraan dalam pembangunan di kota Jayapura. Walaupun belum banyak yang bisa kami lakukan tapi mudah-mudahan dengan perhatian-perhatian kecil yang kami berikan bisa membangun rasa kasih sayang di antara kita,” kata Lina Marlina.

Sehingga lanjut politisi PKS itu, kita semua bisa berjalan bersama-sama dan bisa merasakan pembangunan dan kesejahteraan bersama-sama.

Lina Marlina mengatakan, Reses kali ini juga, saya mengajak Kepala Dinas Sosial sebagai narasumber, karena saya ingin agar Beliau juga bisa membantu untuk mensosialisasikan peraturan-peraturan pemerintah atau hal-hal apa yang perlu kita semua ketahui untuk kaum Disabilitas.

Sehingga ada masukan-masukan atau pendapat, serta maslaah-masalah dari teman-teman Disabilitas bisa langsung di dengar oleh Kepaka Dinsos untuk ditindak lanjuti,” imbuhnya.

“Kegiatan Reses ini adalah kegiatan yang dilakukan dalam satu tahun 3 kali, kemudian reses ini ketika kita turun di enam titik setiap kali Reses,” ungkapnya.

Untuk itu kata Lina Marlina, waktu Reses hanya sedikit, karena banyak tempat yang kami harus turun untuk menemui konstituen.

Saya terpilih di Tahun 2019 sebagai anggota dewan dari Dapil Heram dan Muara Tami, saya mengadakan reses 18 kali setahun dan yang saya layani atau yang saya datangi adalah titik Distrik Heram dan juga Distrik Muara Tami.

“Kegiatan Reses kita menyerap aspirasi Konstituen, baik itu masalah pembangunan, infrastruktur, pendidikan atau sosial. Begitu juga Ketua RT dan RW sebagai perwakilan warga bisa menyampaikan, dan kami menyerap aspirasi tersebut,”ujarnya.

Sementara Ketua RW 02 Kelurahan Yabansai, Justus Ohee juga mengapresiasi Wakil Ketua Komisi D, Lina Marlina.

“Sebagai pemerintahan yang paling bawah saya menyampaikan terima kasih untuk anggota DPRD Kota Jayapura, Lina Marlina, karena selaku wakil rakyat yang mau datang dan mendengar langsung aspirasi dari rakyatnya khususnya di RT03/RW 02 Kelurahan Yabansai,” kata Ohee.

Pertemuan seperti ini menurut Justus, beberapa kali sudah kami alami, ada beberapa anggota dewan datang langsung dan mendengar keluhan dari masyarakat.

“Tapi secara keseluruhan saya melihat sebagai pemerintahan di bawah yaitu ketua RW, bahwa hari ini pengalaman yang sangat baik, karena ibu Lina Marlina mau mendengar aspirasi dari warga kami Disabilitas.

Justus juga minta jika ada masyarakat yang menyampaikan keluhan agar bisa menjadi catatan untuk bisa didorong kepada pemerintah Kota Jayapura. Sehingga apa yang kita rindukan bersama bisa tercapai

Justus Ohee pada kesempatan itu menghaturkan terima kasih kepada Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Dr. Djong Makanuay, ST, MM yang hari ini juga turun untuk memberikan atensi kepada teman-teman disabilitas.

(Har)