PAPUA  

Kampung Ruar Masuk Nominasi 10 Besar Desa Transparan

Jayapura,Teraspapua.com – Dari sekian kampung/Desa yang ada di Provinsi Papua, Kampung Ruar Kabupaten Biak Numfor, masuk nominasi 10 besar desa transparan.

Ketua bidang komisioner penyelesaian sengketa informasi Syawaludin MH, menjelaskan Komisi Informasi pusat setiap tahun itu melakukan apresiasi desa transparan se-indonesia.

banner 325x300banner 325x300

“Kami telah melakukan verifikasi berdasarkan usulan dari teman-teman Komisi informasi daerah, dan dinas PMD mengusulkan Kampung Ruar Kabupaten Biak bersama dengan ratusan desa yang lain diusulkan oleh masing-masing Provinsi yang lain seluruh Indonesia, maka hasil verifikasi kami mendapatkan Kampung Ruar salah satu kampung yang masuk nominasi 10 besar desa transparan,” terang Syawaludin, kepada awak media di Jayapura, Jumat (13/10/2023).

Langkah selanjutnya, lanjut kata Syawaludin, nanti di awal bulan November tim akan melakukan kunjungan untuk melakukan visitasi. Tim itu terdiri dari Komisi informasi pusat, Kemendes, Kemendagri, Kemenpan RB dan Menkopolhukam. Tim itu akan langsung datang ke desa dimaksud untuk melihat seperti apa desa itu membangun desanya dalam hal konteks transparan serta dampak yang ditimbulkan kepada masyarakat.

“Dampak yang kita harapkan itu adalah dampak kesejahteraan, kemudian kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerahnya, dalam hal ini adalah desanya itu yang mungkin kita lihat nanti bersama-sama,” ujarnya.

Kata Syawaludin, hasil daripada kunjungan tim itu, nanti ke kampung Ruar akan kita lakukan penilaian kembali. Nanti di tingkat nasional bersama dengan 10 desa lainnya. Jadi dari ratusan itu akan mengerucut tinggal 10 kampung saja.

“Kita ingin melihat apakah nanti Papua bisa masuk pada peringkat pertama untuk tahun ini. Tetapi kalau masuk 10 besar dari ratusan itu sudah satu kebanggaan tersendiri,” pungkasnya.