Di Bali, Tan Port Numbay Menang Tiga Kategori Putra Ekowisata Indonesia

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Pariwisata setempat, beberapa waktu lalu mengirimkan 2 delegasi mewakili provinsi Papua, guna mengikuti ajang Pemilihan Putra dan Putri Ekowisata Indonesia 2023, yang berlangsung di Provinsi Bali 8-11 November 2023.

Kadis Pariwisata kota Jayapura, Matias Benoni Mano, S.Par, M.KP, dalam releasenya kepada Teraspapua.com di Jayapura, Senin (13/11/2023) menyebutkan. Dua perwakilan yang dikirim untuk mengikuti kontes di Bali tersebut yakni, Putra dan Putri Pariwisata kota Jayapura.

banner 325x300banner 325x300

Dalam release tersebut dikatakan, keduanya merupakan Tan dan Monj Port Numbay Angkatan 2020, yaitu Dave Marcelino Kubiari, merupakan Tan Favorite Port Numbay 2020 dan Louissa Gabrela Stefany Nomontem, yang menjadi Monj Port Numbay 2020.

Dijelaskan, upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata kota Jayapura, salah satunya adalah membuat Pra-Karanita bagi kedua perwakilan Papua ini, dengan memberikan materi-materi, berupa materi Ekowisata dan Hutan di Papua, materi Public Speaking, Catwalk dan Sharing Session bersama alumni duta Ekowisata Indonesia.

Selain itu, dalam karantina online dan offline, dilakukan banyak project oleh keduanya. Seperti video challenge dan project, yang setiap projectnya ada penilian khusus yang di nilai oleh panitia.

Fun factnya adalah, putra Papua Dave Marcelino Kubiari, di nobatkan sebagai pak RT, dengan tugas mengkoordinir seluruh finalis, dilihat dari point project dan tes sebagai RT.

Setelah karanita lokal di kota Jayapura, Dave dan Stefany masuk karantina nasional di Bali, pada tanggal 8-12 November 2023, dengan 15 Finalis Putra dan 19 Finalis Putri.

Usai melewati serangkaian kegiatan yang telah diatur oleh panitia pemilihan Putra dan Putri Ekowisata Indonesia, berupa tour wisata, diner, interview dan presentasi UMKM, pada 11 November kemarin dilakukan grand final, Dave Marcelino Kubiari keluar sebagai runner up Putra Ekowisata Indonesia 2023.

Selain runer up Ekowisata Indonesia, Dave juga berhasil meraih juara II Putra Agrowisata  Indonesia 2023 dan Eco Fans Vote tertinggi.

Sementara itu, keberhasilan Dave Marcelino Kubiari tidak diikuti oleh rekannya, Louissa Gabrela Stefany Nomontem, yang hanya berhasil masuk grand final.

(elo)