Velix Wanggai Resmi Menjabat Pj. Gubernur Papua Pegunungan

Jakarta, Teraspapua.com – Velix Vernando Wanggai secara resmi manjabat sebagai Pj. Gubernur Papua Pegunungan, setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, di gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (13/11/2023).

Vernando Wanggai yang menjabat Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI, dilatik dan diambil sumpah, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 110/P Tahun 2023 tentang Perpanjangan Masa Jabatan, Pemberhentian, dan Pengangkatan Penjabat Gubernur.

banner 325x300banner 325x300

Usai pelantikan, Mendagri Tito Karnafian mengatakan, pelantikan tersebut merupakan proses penyegaran yang diharapkan, menghasilkan dinamika dan energi baru di provinsi Papua Pegunungan.

Dalam sambutannya Mendagri berpesan, agar Pj. gubernur dapat menyelesaikan permasalahan yang menjadi atensi di tingkat nasional, seperti kemiskinan ekstrem, inflasi, stunting, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Di samping itu, dirinya juga minta Pj. Gubernur yang baru dilantik, segera mengatasi permasalahan di tingkat lokal. Seperti masalah stabilitas keamanan di Papua Pegunungan.

“Saya berharap banyak rekan-rekan penjabat akan dapat menjalankan tugas, mengisi kekosongan karena berakhirnya masa jabatan yang lama. Kemudian running operasional pemerintahan tetap berjalan, politik dan pemerintahan di daerah tetap bisa stabil,” ujar Tito.

Selain itu, Pj. Gubernur diminta untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, dengan berkoordinasi bersama para Bupati, guna menyelesaikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Mendagri menambahkan, belum semua daerah menyelesaikan NPHD kepada KPU daerah, Bawaslu daerah, maupun TNI/Polri. Sedangkan untuk keperluan Pilkada, anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dirinya juga menegaskan, agar Pj. Gubernu membangun koordinasi dengan Forkopimda, untuk menyelesaikan persoalan di provinsi.

Pada kesempatan ini, Tito Karnavian tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Nikolaus Kondomo, yang telah melaksanakan tugas dengan baik, sebagai Pj. Gubernur Papua Pegunungan.

“Selamat bertugas kepada Pak Velix, selamat untuk bertugas kembali di Tanah Papua. Mudah-mudahan bisa membawa suasana baru, energi baru, dan membawa percepatan pembangunan Papua,” tandas Mendagri.

(**)