Promosi Daerah Masih Kurang, Terhadap Hasil Kerajinan UMKM Kota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jayapura, Senin (13/11/2023), menggelar giat Rapat Kerja (Raker) program dan kegiatan tahun anggaran 2024.

Ketua Dekranasda kota Jayapura, Maria Yufita G. Pekey dalam sambutannya pada pembukaan Raker menyebutkan, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) total pengrajin yang ada di kota Jayapura, berjumlah 3016 UMKM.

banner 325x300banner 325x300

Dikatakan, kendala biasanya terjadi, pada saat pendistribusian hasil kerajinan dari para UMKM, karena kurangnya promosi daerah.

Untuk itu Maria Yuvita meminta, agar produk-produk kerajinan dari para UMKM khususnya mama-mama Papua, wajib dipromosikan ketika ada momen-momen penting.

“Sekarang sudah ada wadahnya, mari kita sama-sama memanfaatkan gedung Dekranasda itu. Sehingga ada tamu yang datang, mereka tidak kesulitan lagi untuk mencari produk-produk lokal di kota Jayapura,” Paparnya.

Maria Yuvita berharap, Rakerda Dekranasda kota Jayapura ini, dapat menghasilkan program dan kegiatan untuk tahun 2024 dengan baik.

Sementara itu, Penjabat (Pj). Walikota Jayapura Frans Pekey, pada kesempatan ini mengatakan. Rakerda ini diharapkan, bisa membicarakan terkait fasilitasi terdaftarnya hak paten atau hak merek para UMKM di Kemenhumkam Papua.

Pekey juga berharap, dengan adanya gedung Dekranasda yang representative dan didukung dengan fasilitas yang memadai, akan menjadi pusat pembinaan bagi para pengrajin UMKM kota Jayapura.

“Dekranasda kota Jayapura, telah memiliki gedung yang sangat lengkap. Ini akan jadi pusat pembinaan bagi para pengrajin, yang akan dimediasi dan difasilitasi oleh dinas Perindagkop dengan berkolaborasi bersama dinas terkait lainnya.” Tandas Pekey.

Di tempat yang sama, Robert Awi selaku ketua harian Dekranasda kota Jayapura mengatakan. Seluruh program kerja yang diagendakan dari tahun 2022 untuk tahun 2023, sudah dilaksanakan seluruhnya dan akan dievaluasi dalam Rakerda ini.

Selain mengevaluasi program kerja tahun 2023, tambah Robert Awi, Rakerda ini juga akan menyusun kerangka kerja untuk tahun 2024, dengan isu utama yang diangkat adalah, Dekranasda sebagai orang tua asuh untuk para pelaku usaha IKM kota Jayapura.

“Kemudian satu lagi, kami akan mulai mengoperasionalkan gedung Dekranasda kami, di tahun 2024.” Pungkasnya.

(elo)