Pemkot Jayapura Terima Penghargaan KPK, Sebagai Daerah Bebas Korupsi se-Papua

Jayapura, Teraspapua.com – Berhasil menyelenggarakan sistem pemerintahan yang bebas dari korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menganugerahi pemerintah kota Jayapura, dengan piagam penghargaan sebagai pemerintah daerah, dengan nilai capaian Monitoring Centre For Prefention (MCP) 2023 tertinggi untuk wilayah Papua.

Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat (Pj). Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si, dalam acara Road To Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2023, yang berlangsung di Istora Papua Bangkit, Sentani Jayapura, Rabu (15/11/2023).

banner 325x300banner 325x300

Ditemui usai menerima penghargaan tersebut, Pj. Walikota Frans Pekey mengatakan, pemerintah kota Jayapura terus memiliki komitmen, untuk tidak melakukan korupsi dan menjalankan penyelenggara pemerintahan dengan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan akuntabel.

Hal ini menurut Pekey, perlu terus dilakukan sehingga kemajuan dan capaian pembangunan di kota Jayapura, akan terus maju, bertumbuh, berkembang dan menjadi kota modern dan memiliki daya saing itu.

Terkait penghargaan yang diberikan oleh KPK, dirinya mengaku bersyukur dengan penilaian KPK dalam pelaksanaan implementasi MCP, kota Jayapura mendapatkan peringkat yang terbaik dan tertinggi, dengan 81% untuk wilayah Papua.

“Semoga dengan pencapaian ini kami tidak berpuas diri, tetapi ini menjadi sebuah catatan dan memacu semangat untuk terus meningkatkan progres MCP,” ujarnya.

Lanjut Pekey, peningkatan progres MCP akan terus dilakukan Pemkot Jayapura, terutama dalam upaya pencegahan korupsi melalui 8 area dan kemungkinan akan terus bertambah, dengan meningkatkan tata kelola pemerintahan di kota Jayapura.

Dirinya menambahkan, dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan. Diantaranya saling berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang anti korupsi, serta pencegahan dan penanganan.

“Semoga dengan hasil kegiatan selama dua hari tersebut, semua pihak memiliki komitmen yang sama untuk mencegah dan tidak melakukan korupsi.” Pungkas Pekey.

(elo)