4 Tahun Keliling Indonesia, Tiba Di Papua Sepeda Joni Roto Naik Lift

Jayapura,Teraspapua.com – Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengundang khusus pesepeda keliling Indonesia asal Bengkalis, Riau, Joni Roto ke ruang kerjanya pada Salasa (28/11/2023) malam.

Joni Roto bertemu Ketua DPR Papua, Jhony Banua dengan membawa sepeda tuanya menggunakan lift ke ruang Ketua DPR Papua di lantai 9 kantor DPR Papua.

Joni Roto bercerita kepada Ketua DPR Papua, Jhony Rou kalau ia telah empat tahun tiga bulan bersepeda keliling Indonesia, dan mendatangi 36 provinsi.

“Selama bersepeda keliling Indonesia, saya sudah ganti ban sepeda sebanyak 32 kali, ganti rantai yang putus 50 kali, ganti veleg sebanyak enam kali dan jok sebanyak empat kali,” kata Joni Roto.

Joni Roto mengatakan, ia bersepeda keliling Indonesia sejak 16 Februari 2019, karena ingin menuntaskan nazarnya mengunjungi seluruh provinsi dan kabupaten/kota dengan mengayuh sepeda.

“Saya mulai bersepeda dari Desa Kuala Penaso, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Kepuluan Riau. Nazar itu merupakan wujud syukur saya atas anugerah kesehatan yang didapatkan istri dan anak saya, saat istri saya melahirkan,” ucapnya.

Katanya, perjalanan keliling Indonesia ini memberikannya banyak pelajaran. Salah satunya menikmati keindahan alam Indonesia dan dapat bersilaturahim dengan beragam suku dan budaya masyarakat.

Selama perjalanan keliling Indonesia, ia makanan dan minuman dibantu orang-orang yang ditemui di perjalanan. Ia pun bersyukur banyak bertemu orang baik dan peduli yang telah membantu dan menerimanya. Ia pun menganggap mereka sebagai saudara.

“Di Kota Jayapura, saya sudah keliling selama 20 hari. Saya sempat tidur di Masjid Raya Baiturahhim. Namun, kini saya tinggal di Rumah Bakau Jayapura,” ujarnya.

Joni Roto menyatakan pengalaman yang paling berkesan adalah ketika dalam perjalanan ke Labuhan Bajo. Ia naik sepeda tiga hari tiga malam melalui hutan, yang sepi dan tidak ketemu satu orang pun.

Bahkan menurutnya, ia sempat berpikir kemungkinan bisa mati, karena tidak makan selama tiga hari itu, hanya minum saja.

“Terakhir ketika di dekat desa, ketemu seorang perempuan di ladang. Namun, tiba tiba dia hilang begitu saya menoleh,” cerita Joni Roto.

Joni Roto mengaku masih ingin bersepeda keliling ke Wamena, Provinsi Papua Pegunungan dan terakhir ke Merauke, Provinsi Papua Selatan, sehingga genap seluruh provinsi di Indonesia berhasil ia keliling dengan baik sepeda itu.

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw dalam pertemuan itu berbincang-berbincang dengan Joni Roto, dan mengamati sepeda tua yang digunakannya keliling Indonesia. Ketua DPR Papua juga membubuhkan tandatangannya di papan yang ada di belakang sepeda itu.

“Pak Joni sudah keliling seluruh Provinsi di Indonesia dengan tekad yang kuat karena berpegang pada nazarnya. Pak Joni orang yang hebat dan memiliki tekad kuat. Tentu ini patut diapresiasi,” kata Jhony Banua Rouw.

Bahkan, Jhony Banua Rouw memberikan kesempatan kepada Joni Roto duduk di kursi Ketua DPR Papua, dan kemudian foto bersama. Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw juga memberikan cinderamata kepada Joni Roto.