Pasca Kebakaran, Warga Perumnas 3 Waena Ditampung di Masjid Al-Ikhlas

Jayapura, Teraspapua.com – Pasca kebakaran yang menghanguskan 8 rumah warga di komplek Perumnas 3 Waena, distrik Heram kota Jayapura pada senin kemarin. Para korban sementara ditampung di Masjid yang ada di dekat lokasi kejadian.

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Frans Pekey, yang mengunjungi lokasi kebakaran, Selasa (28/11/2023) menyebutkan. Dari data sementara, terdapat 10 KK korban kebakaran dengan jumlah jiwa 42 orang.

“Kita bersyukur karena peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Dan para korban untuk sementara di tampung di Masjid Al-Ikhlas.” Ujar Pakey.

Untuk tanggap darurat, Frans Pekey menyebutkan. Pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Sosial dan BPBD, sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pelayanan, sejak terjadinya peristiwa kebakaran.

Lanjut dia, dalam masa tanggap darurat tujuh hari ke depan, Dinas Sosial akan melakukan pelayanan untuk makan minum siap saji, serta bantuan untuk peralatan tidur dari Badan Penanggunlangan Bencana Daerah (BPBD).

Untuk jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat peristiwa kebakaran ini, terang Pekey, akan masih dihitung dan akan lanjutkan dengan tahapan pemberian bantuan dari Pemkot, setelah masa tanggap darurat selesai dan nantinya akan disusul dengan pemberian sembako, bantuan bahan bangunan dan lainnya.

“Mungkin juga bantuan alat-alat rumah tangga ataupun alat usaha. Dan kalau bisa untuk modal usaha, juga akan kami berikan, tetapi sesuai aturan yang ada.” Tandas Pekey.

Pada kesempatan ini dirinya menghimbau kepada warga masyarakat, untuk selalu waspada dan selalu menerapkan langkah-langkah pencegahan, dengan memperhatikan barang-barang yang bisa menimbulkan kebakan, termasuk aliran listrik.

“Kalau keluar rumah, pastikan bahwa rumah dalam kondisi aman dan tidak ada yang menimbulkan kebakaran. Seperti kompor, lilin dan listrik.” Pungkasnya.

(elo)