<

Kapolda Papua Berperan Sebagai Pendeta di Film Layar Lebar “Si Tikam Polisi Noken”

Jayapura,Teraspapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw berperan sebagai Pendeta, dalam proses pengambilan gambar dan video film layar lebar “Si Tikam Polisi Noken”.

“Hari ini saya turut terlibat dalam pembuatan film layar lebar Si Tikam Polisi Noken. Dalam cerita saya berperan sebagai pendeta yang bertugas menyelesaikan masalah adat di Pegunungan Tengah Papua,” ungkap Kapolda usai pengambilan gambar di Mapolres Jayapura, Minggu (07/02/2020).

Lanjut Kapolda, melalui doa, tepatnya di Puncak Cartenz bersama Forkopimda yakni Bupati, Dandim dan Kapolres serta melibatkan PJU Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih,

Dijelaskan Kapolda, cerita dalam film ini menyangkut sebuah tradisi atau budaya yang memang sering terjadi konflik antara saudara-saudara di pedalaman yang mana terjadi banyak korban.

Tetapi puji Tuhan, sudah bisa diselesaikan dan kehadiran Pendeta bersama Forkopimda juga berperan dalam menyelesaikan dan mendamaikan permasalahan tersebut.

Permasalahan tersebut diselesaikan melalui prosesi patah panah, dan pengakuan kedua belah pihak untuk berdamai hingga rangkaian adat seperti bakar batu hingga denda adat dari kedua belah pihak yang bertikai,: kata Kapolda.

Menurutnya, hadirnya sosok Polisi Tikam merupakan sosok anggota Polri yang bertugas sebagai juru bahasa guna meyakinkan salah satu dari suku yang bertikai. Disini kita hanya mengasumsikannya nama suku yang bertikai yakni suku Waro dan Suku Bolakma.

Pengarapan film ini sendiri melibatkan tenaga profesional dari Jakarta dengan perlengkapan peralatan yang sangat baik dan canggih.

“Semoga tontonan yang baik ini dapat memberikan pesan-pesan yang erat akan budaya dan tradisi serta kehadiran sosok Polisi ditengah masyarakat dalam menyelesaikan berbagai konflik yang terjadi,” harapnya.

Diakuinya, selama mengikuti proses pembuatan film ini ternyata tidak mudah dan membutuhkan perjuangan ekstra dan sikap profesoinalitas dari para pemain dan cru pendukung.

Namun dirinya salut dan mengapresisasi segala upaya dalam proses pembuatan film Si Tikam Polisi Noken ini, yang tidak lain juga bertujuan untuk membakar semangat generasi muda Papua. Bahwa mereka juga bisa menggali potensi yang ada pada diri sendiri dengan menjadi abdi negara,” pungkasnya.

(Matu)