banner 325x300

Percepat Mobilisasi Pasien COVID-19, Grup Astra Serahkan Bantuan Lima Unit Mobil Ambulance Kepada BNPB

  • Bagikan

Jakarta, Teraspapua.com – Grup Astra melalui Nurani Astra pada Minggu (8/8) menyerahkan bantuan fasilitas kesehatan, berupa lima unit mobil ambulance kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat pada masa pandemi ini.

Penyerahan bantuan lima unit ambulance ini, terdiri dari empat unit Daihatsu Gran Max dan satu unit Toyota Kijang Innova. Penyerahan dilakukan langsung oleh Direktur Astra, Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito dalam acara penyerahan bantuan Astra untuk BNPB.

Turut hadir pada acaratersebut Rudy Chen, CEO PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), Suranywaty Tjandrasa, Finance Administration and Logistics, Support Director PT Toyota-Astra Motor, dan eksekutif Grup Astra.

“Kami mengapresiasi kepedulian dan kontribusi Grup Astra untuk menambah jumlah fasilitas transportasi kesehatan bagi para pasien COVID-19 yang membutuhkan penanganan dengan cepat,” ujar Ganip Warsito.

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer mengatakan, Grup Astra senantiasa mendukung pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 melalui berbagai wujud bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya berupa ambulane.

“Semoga bantuan ini dapat mempercepat mobilisasi para pasien menuju rumah sakit, sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas dan tenaga kesehatan,” ucapnya.

Perusahaan yang berkontribusi dalam pengadaan ambulans ini, yaitu PT Astra International Tbk sebanyak dua unit, Asuransi Astra sebanyak dua unit, dan Toyota-Astra Motor sebanyak satu unit,” sambung Tiffani Boer.

Lanjutnya, penyerahan ambulane ini merupakan kelanjutan rangkaian bantuan terkait penanggulangan COVID-19. Mulai tahap pertama pada Maret 2020 hingga ketujuh pada Juli 2021 dengan total nilai Rp200 miliar.

Ini telah dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai institusi seperti BNPB, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI), Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, dan sebuah yayasan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” kata Tiffani Boer.

Tiffani Boer juga menyebutkan, bantuan yang telah diberikan tersebut berupa unit kendaraan, ambulance, berbagai perlengkapan medis ruang intensive care unit dan high care unit, ventilator, multi-slice computed tomography scan, alat uji tes, alat pelindung diri, masker, dan paket bahan pokok makanan untuk meringankan dampak sosial bagi masyarakat.

Dikatakannya, untuk memperkuat rangkaian penyaluran bantuan tersebut, perusahaan – perusahaan Grup Astra sejak Maret tahun lalu juga turut aktif berkontribusi menyerahkan berbagai bantuan untuk mendukung pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan.

“Salah satunya berasal dari Asuransi Astra, perusahaan asuransi umum sebagai bagian dari Astra Financial dan anak perusahaan Grup Astra, juga turun tangan memberikan peace of mind di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti ikut berkontribusi dalam memberikan ventilator, ambulance dan penyaluran dana sosial peserta Asuransi Astra syariah dengan total nilai Rp2 miliar pada tahun 2020 dalam bentuk bantuan sembako,” tuturnya.

Program kampanye sosial #MaskerTemanTuli Asuransi Astra juga berhasil mendonasikan 6.400 masker Teman Tuli, 1.100 paket sembako di 24 kota, beasiswa dan laptop untuk SLB B Sana Dharma,sekolah bagi anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengaran atau tunarungu.

Toyota-Astra Motor juga telah menyalurkan donasi cepat tanggap berupa 300 tabung oksigen beserta portable bed, oximeter, paket alat pelindung diri level tiga, vitamin, dan suplemen senilai Rp1,55 miliar untuk enam rumah sakit yang tersebar di empat provinsi.

Sebelumnya, ada juga bantuan berupa tiga unit Toyota Kijang Innova ambulans melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bagi Dinas Kesehatan Papua, serta satu unit Toyota Kijang Innova ambulans untuk PMI pusat.

Untuk mendukung terwujudnya kekebalan kelompok pada masyarakat (herd immunity), Yayasan Dharma Bhakti Astra dan Dana Pensiun Astra juga telah mengadakan Sentra Vaksinasi untuk masyarakat. Secara bertahap, Grup Astra juga sedang melakukan Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan Grup Astra dan keluarga inti mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seiring dengan berbagai penyerahan berbagai bantuan itu, Astra melalui gerakan Semangat Salingbantu mengajak seluruh masyarakat untuk mengunggah konten yang berisi pesan untuk tetap semangat pada masa pandemi ini.

Atau informasi bantuan yang dapat diberikan kepada mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan disertai tagar SemangatSalingBantu dan mention salah satu akun @satu_indonesia di Instagram atau TikTok, atau @SATU_Indonesia di Twitter, atau Semangat Astra Terpadu di Facebook.

Setiap satu konten yang berupa teks atau foto atau video yang diunggah di media sosial tersebut akan dikonversi oleh Astra menjadi satu paket bantuan berupa makanan atau bahan makanan pokok bagi kebutuhan pasien COVID-19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.

Semangat Grup Astra dalam berkontribusi membantu pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan dalam mengatasi pandemi COVID-19 adalah sejalan dengan Sustainable Development Goals dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Perlu diketahui, PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat,

Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) roperti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 238 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 187.300 karyawan, berdasarkan data Juni 2021.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.

Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

(Novi/Let)

 

  • Bagikan