Yumame : Kami Belum Bisa Umumkan Hasil Lulus Tes Tertulis dan Psikologis

Jayapura,Teraspapua.com – Terkait dengan proses pemilihan calon anggota Bawaslu khusus di  Provinsi Papua wilayah I meliputi Kabupaten Sarmi, Mamberamo Raya, Keerom, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Kami belum bisa mengumumkan hasil lulus tes tertulis dan tes psikologis. Karena sampai saat ini kami belum mendapatkan hasil penerimaan nilai atau CAT pilihan ganda dan psikologis dari Bawaslu RI.

Demikian hal itu disampaikan Ketua Timsel Bawaslu Wilayah I Papua, Jackson Yumame, di Jayapura, Selasa (11/7/2023).

Dijelaskan Yumame, tahapan tes tertulis dan tes psikologis pada tanggal 10 – 11 Juli. Sedangkan tes kesehatan pada tanggal 12 -14 Juli.

“Sekarang sudah tanggal 11 Juni, akhir dari tahapan dan saatnya untuk pengumuman lulus tes tertulis dan tes psikologis. Tapi nyatanya kami belum mendapatkan hasil penerimaan nilai atau CAT pilihan ganda dan psikologis dari Bawaslu RI,” terangnya.

Lanjut kata Yumame, memang dalam proses penilaian kami telah mengupload hasil tes esai dari CAT. Idealnya hasil itu harus dikirimkan ke kami pada hari Minggu kemarin sehingga kami bisa memberikan penilaian pada tanggal 10 – 11 Juli.

Tetapi kami mengalami kendala, dengan alasan yang saya sudah jelaskan diatas. Oleh sebab itu kami belum bisa melanjutkan tahapan selanjutnya yakni tes kesehatan pada besok 12 – 14 Juli mendatang.

“Sehingga hari ini kami harus memberikan alsannya, jangan sampai peserta calon tidak mengira bahwa kami kerja tidak sesuai aturan,” tegasnya.

Kata Dia, pihaknya sudah bekerja berdasarkan pedoman dan mendapat kredibilitas kami. Oleh karena itu terkait batas waktu pengumuman lulus tes tertulis dan tes psikologis kami belum bisa sampaikan.

Pihaknya berharap kepada Bawaslu RI, sebisanya ada kebijakan-kebijakan strategis yang memudahkan kami timsel, sehingga ketika kami berhadapn dengan peserta tidak ada komplain dan peserta tidak merasa dirugikan, tandasnya.

Sementara itu, hal senada disampaikan sekretaris Timsel Christin Sawen, bahwa sampai saat ini pihaknya sedang menunggu hasil tes peserta yang kami sudah kirimkan ke Bawaslu RI.

“Bagian kami, salah satu dari tes CAT adalah esay, itu yang kami sudah selesaikan kemudian kami kirimkan kembali ke Bawaslu RI, kemudian mereka kembalikan kepada kami lewat mekanisme, lalu setelah itu kami pleno kemudian kami umumkan.

“Kalau berdasarkan skejul harusnya dari kemarin, tapi sampai saat ini belum, kami masih menunggu,” pungkasnya.