<

Jelang Hari Bakti Adhyaksa ke 63, Kejari Jayapura Gelar Donor Darah

Jayapura,Teraspapua.com – Dalam rangkaian  menyambut Hari Bakti Adhyaksa ke-63 Tahun 2023, Kejaksaan Negeri (Kejari) Jayapura bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura, menggelar aksi donor darah.

Para pendonor darah dari internal Kejari Jayapura bersama Anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Jayapura serta stake holder atau instansi yang memiliki hubungan kerja dengan Kejari Jayapura, antara lain TNI/Polri, lembaga perbankan dan warga masyarakat.

Kajari Jayapura Lukas Alexander Sinuraya, mengatakan, dalam rangkaian  menyambut Hari Bakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023, salah satu  aksi peduli yakni donor darah.

“Kami ajak bersama-sama mendonorkan darah kita bagi masyarakat yang memang memenuhi standar untuk melakukan donor darah, supaya bisa berbagi,” ujar Sinuraya.

Ia berharap, tentunya hal seperti ini juga bukan cuma untuk menyambut Hari Bakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023, tapi aksi ini bisa ditanamkan kepada seluruh insan Adhyaksa, khususnya bahwa donor darah ini selain membantu sesama juga menjaga kesehatan tubuh bagi pendonor darah.

Ketua PMI Kota Jayapura, Dr Ir H Rustan Saru, mengatakan aksi donor darah ini merupakan hal yang positif dalam rangka memberikan bantuan sosial kemanusiaan, berupa donor darah kepada warga yang membutuhkan darah.

Rustan menjelaskan, aksi donor darah di Kejari Jayapura ini pihaknya menargetkan 75 kantong darah.

“Kita berharap mudah-mudahan target ini terpenuhi, sehingga betul-betul membantu persediaan darah di PMI Kota Jayapura, karena setiap hari kita butuh paling sedikit 50 kantong darah,” jelasnya.

Stok darah di PMI Kota Jayapura selalu ada, tapi terbatas. Karena hanya bisa mendapatkan secara sukarela rata-rata 30 kantong darah perhari, tapi kebutuhan sebenarnya 50 kantong perhari, sehingga masih minus 20 kantong darah setiap hari.

“Kita masih butuh donor pengganti dari keluarga pasien atau dari mitra kerja yang bisa mengganti darah dari pasien yang belum tranfusi darah, dengan demikian kebutuhan darah tetap terpenuhi,” ucapnya.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Jayapura, Ny. Barin Lukas Alexander Sinuraya mengatakan, pihaknya selain aksi donor juga menggelar anjangsana kepada para pensiunan Kejari Jayapura, penyerahan bantuan sosial ke dua Panti Asuhan di Sentani, Kabupaten Jayapura dan puncak acara Hari Bakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023 pada Sabtu (22/7/2023) di Aula Kejari Jayapura.