Kominfo Gandeng USAID IUWASH Bahas Pemanfaatan Layanan SP4N LAPOR

Sentani,Teraspapua.com – USAID IUWASH Tangguh bersama dengan Dinas Kominfo kabupaten Jayapura melaksanakan Asesmen Pengembangan Mekanisme Social Inclusion and Public Accountability (SIPA) Melalui Optimalisasi Layanan SP4N LAPOR.

Kegiatan tersebut berlangsung ruang rapat kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Jayapura, Selasa (23/1/2024).

banner 325x300

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan USAID IUWASH Tangguh terhadap Rencana Kerja Tahunan yang telah disusun oleh Pemerintah kabupaten Jayapura dalam upaya meningkatkan layanan Air Minum Aman, Sanitasi Aman dan Pengelolaan Sumber Daya Air yang Responsif Gender dan Berketahanan Iklim di kabupaten Jayapura.

Togi Sianipar National Coordinator Governance didampingi Johanis Raiwaky City Facilitator USAID IUWASH Tangguh wilayah Papua menyampaikan, kegiatan Asesmen ini bertujuan untuk memetakan kondisi pemanfaatan mekanisme keterlibatan masyarakat yang ada saat ini untuk mendukung peningkatan layanan WASH dan PSDA di kabupaten Jayapura, salah satunya melalui pemanfaatan layanan SP4N LAPOR.

“Sehingga USAID IUWASH Tangguh bersama dengan Dinas Kominfo kabupaten Jayapura, dapat menyusun bentuk dukungan dan pendampingan yang akan diberikan untuk pengembangan mekanisme SIPA di kabupaten Jayapura,” harapnya.

Sementara itu, Gustaf Griapon Kadis Kominfo Jayapura didamping oleh Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa saat ini pemanfaatan SP4N LAPOR di kabupaten Jayapura sudah cukup baik, ini terbukti dari koordinasi lintas OPD yang sudah berjalan dengan baik dalam memanfaatkan layanan SP4N LAPOR.

“Hal ini juga yang menunjang performa pemanfaatan SP4N LAPOR di kabupaten Jayapura yang selalu mencapai 100,” akui Giriapon.

Sampai dengan saat ini, lanjut kata Giriapon Dinas Kominfo, masih terus berupaya untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang SP4N LAPOR sebagai wadah yang efektif dalam menyampaikan pengaduan, dan aspirasi.

“Untuk itu Dinas Kominfo kabupaten Jayapura menyambut baik kegiatan ini dan siap berkolaborasi bersama dengan USAID IUWASH Tangguh dalam mengembangkan mekanisme SIPA melalui optimalisasi layanan SP4N LAPOR sehingga dapat mendukung peningkatkan layanan Air Minum Aman, Sanitasi Aman dan PSDA di kabupaten Jayupura,” imbuhnya.

Ditambahkan Giriapon, USAID IUWASH Tangguh bersama dengan Dinas Kominfo kabupaten Jayapura akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan menyelenggarakan pertemuan lintas OPD terkait.

“Kegiatan lintas pemangku kepentingan ini diharapkan dapat membahas lebih rinci bentuk dukungan dan pendampingan kedepan yang akan diberikan tersebut sesuai dan efektif,” pungkasnya.