<

BBPOM Jayapura Sidak Distributor Bapok

Kepala BBPOM Hermanto, S,si.,Apt. saat melakukan sidak d gudang distributor yang ada di Kota Jayapura.

Jayapura,Teraspapua.com – Untuk memastikan ketersediaan dan keamanan bahan pokok selamat Ramadhan. Balai Besar POM (BBPOM) Jayapura melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sarana Distributor Jayapura Selasa (19/3/2024).

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura, Hermanto, S,si.,Apt. mengatakan, pelaksanaan intensifikasi pengawasan ini akan terus berlangsung hingga 18 April 2024.

“Jadi kami mulai dari Distributor dulu, setelah itu baru Supermarket, hingga toko-toko Ritaiel ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa kebutuhan pangan selama Ramadhan ini aman,” ujarnya kepada Wartawan di Jayapura.

Hermanto menyatakan, dalam sidak tersebut tidak menemukan produk yang kadaluarsa atau produk yang tidak memenuhi ijin edar.

“Secara umum sudah baik, memang ada yang beberapa kami berikan pembinaan, penataan produk dan pengawasan produk, selebihnya sudah baik mulai dari kebersihan dan penataan sudah memenuhi syarat,” ujarnya.

Kendati demikian, Hermanto tetap menghimbau kepada seluruh pemilik Distributor agar tidak lengah dalam melakukan pengawasan kualitas produk bahan pangan agar terjaga dengan baik sehingga tidak menghadapi masalah.

Menurutnya, tidak hanya melulu produk yang kadaluarsa, pihak distributor ini juga harus memperhatikan kemasan jangan sampai bocor karena ada beberapa produk yang di sterialisasi.

“Jadi ada kemungkinan produk itu tercemari dengan masuknya udara yang ada diruangan itu kedalam produk, ini bisa membahayakan pada kesehatan manusia. Kami akan terus lakukan pengawasan kalau ada kedapatan karena unsur kesengajaan kami akan kenakan sanksi,” tegasnya.