Sosialisasi Pencegahan Stunting,Dukung Biak Numfor Sebagai Kota Sehat

Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Charles Brabar Didampingi Ketua DP3AKB Biak Numfor, Lourens Pattipeilohy Dan Kepala Distrik Biak Kota , Yeheskiel Randongkir,Saat Memberikan Sosialisasi

Biak, Teraspapua.com – BKKBN Provinsi Papua berkewajiban untuk mensosialisasikan pentingnya perilaku hidup sehat termasuk masalah stunting,.

Hal ini tentu dalam rangka mendukung Kabupaten Biak Numfor menjadi Kota Sehat 2020 di provinsi Papua “kata Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Charles Brabar pada acara sosialisasi cara pencegahan stunting kepada kader PKK yang berlangsung di Balai Penyuluh Kampung KB, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (14/01/2020)

Charles menjelaskan,stunting merupakan kondisi kekurangan gizi buruk/kronis yang terjadi pada anak – anak .Sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuhnya (lebih pendek).

Dirinya juga mengungkapkan ,akibat stunting itu  tentu menjadi ancaman bagi anak – anak dimasa yang akan datang.

“ Pencegahan stunting pada 1000 hari pertama kehidupan ,dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan keluarga,” jelasnya

Selain itu, kata Charles pencegahan stunting ini juga merupakan harapan Presiden Ir. Joko Widodo untuk bagaimana memaksimalkan sumber daya manusia unggul di Indonesia.

Untuk itu BKKBN Provinsi Papua bersama instansi terkait berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, guna mengurangi angka gizi buruk dan penyakit lainnya .

“ Tentunya kita harus kerja keras dengan pemerintah daerah, supaya kita bisa memaksimalkan di kampung-kampung “imbuhnya.

Dengan harapan masyarakat yang benar-benar mau berobat adalah orang-orang yang sakit. Disamping itu, hal ini penting untuk perilaku hidup sehat,” tutur Charles

Dijelaskan, Pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan, BKKBN dan lembaga terkait lainnya saat ini melakukan kolaborasi untuk bekerja sama, guna mewujudkan masyarakat sejahtera di tahun 2020.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Biak Numfor, Lourens Pattipeilohy berharap para peserta yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan untuk masyarakat.

Tentu dalam memahami pencegahan stunting ,yang dilakukan oleh BKKBN Provinsi Papua dan juga DP3AKB Biak Numfor.

Sosialisasi ini akan dilakukan di 9 Distrik dari 19 Distrik yang ada di Kabupaten Biak Numfor “tandas Pattipeilohy.

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB),dengan menghadirkan Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Charles Brabar sebagai nara sumber.

(Hend DK)