DAERAH  

Antisipasi Angka Kecelakaan Satlantas Polres Biak Gelar Razia

Kasat Lantas Polres Biak Iptu Lamasi ,turun langsung pada pemeriksaan surat-surat kendaraan bermotor

Biak,Teraspapua.com – Satuan Lalulintas Polres Biak Numfor  menggelar razia kendaraan bermotor, di seputaran Kampung Baru, Distrik Biak Kota, Jumat (6/3/2020).

Razia yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Biak Numfor Iptu Lamasi menyasar puluhan kendaraan yang melintas di kawasan tersebut.

“Razia ini sebagai bentuk antisipasi terhadap banyaknya angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Biak terutama di sore hingga malam hari,” terang IPTU. Lamasi.

Ia kemudian merincikan, jumlah angka kecelakaan dari tanggal 1 – 29 Februari 2020 mencapai 39 laporan polisi terkait masalah laka lantas.

“Jadi, razia yang digelar ini sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Biak Numfor tertanggal 1 Maret 2020, untuk melakukan razia kendaraan dikarenakan banyaknya angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Biak dan merupakan bagian dari kegiatan kepolisian yang ditingkatkan,” sambung Lamasi.

Razia kali ini, diakuinya, terjadi penurunan angka pelanggaran.

“Razia pagi ini kami sudah menindak 10 kendaraan. Padahal biasanya sekitar 10-15 menit sudah banyak yang terjaring namun  alhamdulilah hari ini agak berkurang. Itu berarti masyakarat sudah tahu bahwa kalau berkendaraan harus menggunakan helm,” bebernya.

Lamasi mengaku pihaknya juga prihatin terhadap warga Biak mengingat banyaknya kecelakaan yang diakibatkan karena minuman keras.

“Mudah-mudahan dari waktu ke waktu, kami berupaya agar yang  menggunakan kendaraan  roda 2 maupun roda 4 tidak mengkonsumsi miras. Tetapi bagi pengendara yang mengkonsumsi miras kami tidak tolerir, langsung di tilang,” tegasnya.

Miras diakui Lamasi masih mendominasi angka kecelakaan lalu lintas di Biak.

Ia juga mengimbau agar pengendara taati peraturan lalulintas khususnya yang melintas dari arah barat ke maupun arah utara ke Supiori.

Kondisi jalan tersebut berliku-liku dan bergelombang bahkan juga terdapat penyempitan serta tikungan tajam.

“Kami berharap masyarakat mengerti dan tidak ugal-ugalan di jalan. Kemudian, setiap mengedarai kendaraan bawa surat-surat, jaga kesehatan dan keselamatan pribadi,” harap Lamasi.

Sebelumnya, Satuan Lantas Polres Biak sudah melaksanakan razia dan  menindak 25 pelanggar dengan kategori sebanyak 18 tidak menggunakan helm standar, dan 4 tidak membawa surat kelengkapan kendaraan  serta 1 tidak ada tanda nomor kendaraan.

“Kami tidak mentolelir dan langsung melakukan penindakan di tempat,” pungkasnya.

(Hend DK)