Sambut 4 Raja Malteng Lewat Jamuan Makan Malam, Ketua IKEMAL di Tanah Papua Apresiasi Wali Kota Jayapura

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, Ketua IKEMAL pusat di tanah Papua Christian Sohilait bersama 4 Raja dari Maluku Tengah ( Booi, Boi, Aboru, Kariu dan Hualoy ) saat jamuan makan malam di rumah jabatan Wali Kota, Jumat.(18/6/2021).

Jayapura, Teraspapua.com – Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) pusat di tanah Papua Christian L. Sohilait memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano yang tela menyambut 4 Raja dari Maluku Tengah ( Booi, Boi, Aboru, Kariu dan Hualoy ) lewat jamuan makan malam di rumah jabatan, Jumat.(18/6/2021).

“Terima kasi bapak Wali Kota atas jamuan makan malam ini, dan menerima kami dengan baik. Momen ini sangat penting,” ucap Chiristian.

Seperti apa yang tela disampaikan oleh bapa Wali Kota, bahwa orang – orang tua kita yang sejak dahulu kala meninggalkan Maluku dan membuat sesuatu di tanah ini. Hari ini kita generasi penerus sedang melanjutkan.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano usai memberikan cenderamata kepada bersama 4 Raja dari Maluku Tengah

Sehingga, kita mendapatkan penghargaan dari seluruh masyarakat Papua, khusus Kota Jayapura dan salah satu adalah bapak Wali Kota.

Kita harapkan, kehadiran empat Raja yang dijamu langsung oleh Wali Kota. Tentu memotivasi agar orang Maluku yang ada di sini tetap menjaga keamanan dan selalu bersinergi dengan masyarakat lokal.

Bahkan, anak -anak Maluku turut menjaga stabilitas keamanan, menjaga hubungan kekeluargaan.

Sohilait juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Maluku di tanah Papua yang telah membentuk ikatan – ikatan Kampung. Tapi ada juga ikatan pela gandong,” cetusnya.

Hari ini tidak main-main, karena mereka membentuk ikatan Gandong, Booi, Aboru, Kariu dan Hualoy yang sekaligus mengundang raja mereka untuk hadir melakukan pengukuhan di Ibukota provinsi Papua.

“Itu artinya, mereka ingin menyampaikan kepada semua orang Maluku, bahwa kami yang ada di Papua juga menjaga adat istiadat pela gandong,” tukasnya.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano pada kesempat mengakui, anak-anak Port Numbay bisa berdiri menjadi orang-orang hebat karena punya hubungan emosional dengan orang-orang Ambon.

“Kami pintar dan tahu Tuhan Allah itu karena mereka. Kami menjadi anak-anak yang pandai dan cerdas, itu karena guru – guru dari Ambon” tegasnya.

Untuk itu kata Tomi Mano, orang – orang Ambon yang tinggal di kota ini adalah saudara-saudara saya. Kita hidup baik-baik, saling mengasihi satu dengan yang lain.

“Banyak anak – anak Negeri Ambon yang sudah menjadi pejabat birokrasi pemerintah. Ada yang menjadi politisi akademisi dan guru,” akuinya.

Untuk itu Tomi Mano minta, sama-sama jaga kota Jayapura sebagai rumah istana kita bersama. Terima kasih kepada warga Ikatan Keluarga Maluku yang ada di kota Jayapura yang punya kontribusi besar untuk Tanah Papua dan kota Jayapura.

Foto bersama Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dengan 4 Raja dari Maluku Tengah Ketua IKEMAL pusat di tanah Papua Christian Sohilait, Ketua IKEMAL Kota Jayapura Rory Huwae, Wakil Ketua  II DPRD  Silas Yowe, Ketua Komisi A, Mukri Hamadi

Tomi Mano juga menyampaikan terima kasih, atas kehadiran 4 raja dari Maluku Tengah ke negeri saya Port Numbay.

Pada hajatan itu juga sekaligus penganugerahan gelar kepada Wali Kota sebagai anak adat BAKH Negeri Booi.

Selain Wali Kota hadir Wakil Ketua I dan II DPRD Kota Jayapura, Jhon Y. Betaubun dan Silas Yowe, Ketua Komisi A, Mukri Hamadi, Ketua IKEMAL pusat di Tanah Papua dan Kota Jayapura Chiristian L. Sohilait dan Rory Huwae, Ondoafi besar Tobati Enggros, Wakopolres Jayapura Kota, Dandramil Jayapura Selatan, para Asisten serta Kepala OPD.