DAERAH  

Gunakan Fasilitas Yang Ada Untuk Promkes Menjelang Hari HIV/AIDS Di Kabupaten Jayapura

Sentani, Teraspapua.com -Penanggung jawab HIV, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Srimuningsi mengaku menggunakan fasilitas yang ada untuk layanan promosi kesehatan (Promkes) menjelang hari HIV/AIDS tanggal 1 Desember 2023.

Dalam hal tersebut, Srimuningsi yang biasa di sapa akrab Ning, di datangi media di ruang kantor Dinkes kabupaten Jayapura, Selasa (28/11/2023)

banner 325x300banner 325x300

“Kita menggunakan fasilitas yang ada untuk mempromosikan dan menghimbau tentang pelayanan,” kata Srimuningsi, Selasa (28/11/2023).

Dan juga untuk menciptakan suasana pelayanan yang baik kepada generasi, seraya berharap jangan ada stikma kepada sahabat kita yang berdampak HIV.

Menurut dia, dulu memang ada Komisi Penanggulangan Aids (KPA) yang bergerak dan beredukasi ke masyarakat, sehingga banyak orang yang datang untuk di memeriksakan diri.

Dikatakan, layanan KPA melakukanya dengan baik, namun sekarang KPA sudah tidak ada lagi.

“Walaupun sekarang KPA sudah tidak bergerak lagi, tetapi semangat kami masih tetap melakukan pergerakan ke layanan lainnya. Seperti di instansi Dinas Kesehatan, ada layanan di Puskesmas atau promosi kesehatan (Promkes),” beber Ning sapaan akrabnya.

Dengan edukasi-edukasi itu, layanan kami bergerak menjangkau dan mendukung sebaya yang tersedia berada di wilayah Kabupaten Jayapura seperti, RS yowari, Puskesmas Sentani Waibu dan Kampung Harapan,” lanjut Ning.

Sudah jelas di empat layanan itu yang mempunyai pendamping sebaya. Kemudian, kendati begitu jelas Srimuningsi ada kendala yang di hadapi dalam layanan, ada pasien bosan dan malas di periksa.

“Ada pasien yang kekurangan uang taxi dan juga sakit kadang tidak datang mengambil obat,” lugasnya.

Walaupun ada kendala seperti itu, tetap kami mengunjungi pasien untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan dan itu layanan yang kami lakukan,” tukasnya.

(Yan Mofu)