Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Muara Tami ,PDI Perjuangan Semprot Disinfektan dan Bagi Masker

Plh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua,Ignasius Hasim didampingi ketua DPC PDIP Perjuangan Kota Jayapura,Fransisco Ardamis saat mengenakan masker kepada warga

Jayapura,Teraspapua.com – Untuk mengantisipasi penyebaran virus  Corona atau Coviď – 19  di Distrik Muara Tami khususnya di Kelurahan Koya Barat, maka  PDI Perjuangan dalam hal ini DPD Provinsi Papua maupun  DPC PDIP Kota Jayapura semprot cairan disinfektan dan aksi bagi masker kepada warga di wilayah itu.

Aksi ini sebelumnya sudah dilakukan di Distrik Jayapura Utara,Jayapura Selatan,Abepura,Heram ,tentu untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

banner 325x300banner 325x300

Pantauan media ini tim penyemprotan menyisir pemukiman warga  di  Koya Barat,Selasa (21/4/2020).Sambil semprot mereka juga bagi masker kepada setiap warga baik yang ada di rumah maupun yang sementara mondar mandir di jalan raya.

Meski wilayah  Mura Tami saat ini masih berada di zona hijau.Tapi antisipasi itu sangat penting.Sehingga atas instruksi DPP, para kader dan simpatisan partai besutan Megawati Soekarnoputri ini bergerak dengan solid.

Plh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Ignasius Hasim mengatakan kami lakukan ini dalam rangka pencegahan virus Corona ,dan sudah dilakukan hampir 20 hari berjalan dan pembagian masker.

“ Kita siapkan APD seperti 2000 masker dan  100 buah Face Shield atau alat pelindung wajah kepada petugas kesehatan di Puskesmas Koya Barat dan kelompok pencegahan Covid-19 Koya Barat “ujarnya.

Lanjut Ignasius ,hal ini kita lakukan sebagai bagian dari upaya  pencegahan yang tentu bukan tanggung jawab Pemerintah saja tapi oleh semua komponen masyarakat.

Untuk itu masing-masing kita yang ada di tanah Papua ,lebih khusus kota Jayapura, Kabupaten Jayapura secara keseluruhan untuk ambil bagian dalam rangka mencegah proses penyebaran virus mematikan itu.

Sambung Ignasius , ketika kita hanya bergantung pada Pemerintah maka pasti juga terbatas, sehingga diharapkan semua komponen masyarakat harus bersama-sama bahu-membahu mengambil peran kemanusiaan ini.

“ Justru dengan kita lakukan proses penyemprotan disinfektan dan juga pembagian APD bagi warga dan para petugas medis merupakan langkah yang harus diambil oleh setiap masyarakat dan semua elemen yang ada di tanah ini” ujarnya.

Kader PDIP ini juga mengungkapkan, aksi  ini merupakan  instruksi dari DPP “ Ini perintah langsung dari ketua umum,diminta kepada semua kader PDI Perjuangan seluruh Indonesia untuk bahu-membahu dengan semangat gotong royong untuk melakukan proses pencegahan.

“ Diperintahkan juga kepada kader-kader  yang ada di Legislatif  untuk bisa memotong sedikit pendapatan mereka untuk membantu masyarakat ,mengadakan APD kepada tenaga medis dan masyarakat  “jelasnya.

Untuk mengantisipasi meluas penyebaran virus tersebut,Ignasius minta kepada seluruh masyarakat kota Jayapura untuk mematuhi instruksi yang telah dikeluarkan baik oleh Wali kota Jayapura maupun oleh Gubernur Papua.

“ Tidak boleh keluar rumah ,namun jika mendesak  harus menggunakan masker, kemudian cuci tangan pakai sabun serta jauhi kerumunan banyak orang.Karena hanya dengan cara itulah kita bisa mencegah penyebaran virus Corona di atas tanah ini “paparnya.

Ditempat yang sama Ketua DPC PDIP Kota Jayapura Fransisco Ardamis menambahkan aksi ini mendapat respon cukup luar biasa dari warga Koya Barat.

“ Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat tapi juga bagi petugas medis yang ada di puskesmas “ ungkapnya.

Dikatakan hampir satu bulan kami lakukan aksi ini dimulai dari Japsel,Japut,Abepura,Heram dan hari ini di Muara Tami.Bahkan di Kabupaten Jayapura kami hadir memberi semangat buat teman-teman PDIP di sana.

Sekalipun ada himbauan Pemerintah untuk kita diam ditempat,tapi partai punya peduli untuk kondisi yang terjadi di kota Jayapura secara khusus.

Kepada pasukan penyemprot Fransisco minta  tetap semangat ,sekalipun kondisi saat ini melarang kita untuk ada di luar ,tapi ini peduli partai untuk melakukan pencegahan lewat penyemprotan ,pembagian APD.Kami berharap masyarakat mengikuti himbauan yang disampaikan oleh Pemerintah baik dari pusat tapi juga pemerintah kota Jayapura

Kepala Kelurahan Koya Barat, Reuter Sabarofek,S,STP menyampaikan terima kasih kepada Para kader dan simpatisan PDIP yang telah memberikan perhatian kepada kami di Koya Barat.Pelaksanaan penyemprotan dan aksi pembagian masker dapat terlaksana dengan lancar.

“ Kiranya apa yang menjadi harapan kita bersama untuk mencegah Covid – 19 akan menuai hasil yang baik , sehingga bisa mencegah penularan virus mematikan itu “harapnya.

Kepala Kelurahan ini juga menambahkan selama ini pihaknya mengikuti petunjuk  Wali kota Jayapura sehingga apa yang di instruksikan kami upayakan untuk menyampaikan di lingkungan RT RW dan masyarakat di Koya Barat.

Kegiatan ini turut dihadiri Plh Ketua DPD PDI Perjuangan  Provinsi Papua,Ignasius Hasim,Sekertaris DPD PDIP,Calvin Masnembra, Ketua Fraksi PDIP DPR Papua,Paskalis Letsoin,SH.MH yang juga mantan Direktur LBH Papua dan  ketua DPC PDIP Perjuangan Kota Jayapura,Fransisco Ardamis  dan Sekertaris Fraksi PDIP DPRD ,Joni Y.Betaubun,SH,MH yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura .

(Ricko).