DAERAH  

Kasus Pasien Covid-19 Di Biak Bertambah, Tembus Angka 71 Orang

Sekda Biak Numfor, Markus O. Mansnembra, SH, saat memberikan keterangan pers di posko induk gustu Biak

Biak, Teraspapua.com – Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH. Yang juga adalah Sekretaris Daerah Pemda Biak Numfor mengatakan, Ada 103 spesimen swab yang dikirim minggu lalu hasilnya sudah disampaikan oleh Litbangkes Jayapura.

Dimana 18 spesimen dinyatakan positif terkonfirmasi tertular Virus Corona dan lainnya negatif. Hasil negatif ini juga sudah termasuk 2 pasien yang dinyatakan sembuh setelah dua kali melalui pemeriksaan swab, dan sudah dipulangkan .

banner 325x300

Hal ini disampaikan ketika memberikan keterangan pers di Posko Induk Gedung Wanita Biak, Jumat (12/6/2020) malam.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor kembali menerima hasill pemeriksaan terhadap 103 spesimen swab dari Litbangkes Jayapura, Jumat (12/6/2020) dan  dari 103 spesimen swab yang diperiksa, ada 18 orang hasilnya dinyatakan terkonfirmasi positif tertular Virus Corona, sedangkan sisanya negative atau tidak ditemukan adanya Virus Corona,”ungkap Sekda Markus

Ditekankan, dengan adanya tambahan 18 pasien positif terkonfirmasi tertular Virus Corona seperti yang disampaikan dari hasil pemeriksaan Litbangkes Jayapura, maka kini jumlah pasien positif yang masih dirawat di RSUD  Biak sampai saat ini menjadi 42 orang.

“Penentuan hasil positif pasien Virus Corona sesuai dengan hasil uji Laboratorium Litbangkes Jayapura,”Tegasnya .

Hal ini diadakan penegasan terkait adanya sejumlah pendapat di berbagai media sosial yang seolah-olah mempertanyakan soal Virus Corona, termasuk di Kabupaten Biak Numfor.

“Apa yang dilakukan pemerintah saat ini adalah untuk menyelamatkan orang banyak, untuk kepentingan kita semua. Tidak perlu kita membuat hal-hal yang meresahkan masyarakat,” tuturnya

Ditambahkan, masyarakat jangan berpendapat dan menilai sesuatu yang belum tentu diketahui kebenarannya.

“Persoalan Virus Corona adalah persoalan dunia, bukan hanya Papua dan Biak Numfor. Jadi  mari kita sama-sama jaga Biak Numfor supaya cepat bebas dari wabah Corona,” tegasnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mengharapkan kepada semua pihak, termasuk masyarakat, agar menjaga diri, jaga keluarga, ikuti himbauan dan anjuran pemerintah.

“Ikuti protokol kesehatan Covid-19 supaya kita bisa lebih cepat memutus mata rantai penularan Virus Corona di Biak Numfor,” lanjut Sekda Markus.

Untuk diketahui, sampel swab yang diambil oleh tim kesehatan Gugus Tugas itu merupakan hasil tracking atau pengembangan di lapangan, termasuk pasien Virus Corona.

Dan Jumat, (12/6/2020), tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor kembali mengirim 129 spesimen swab ke Litbangkes Jayapura. Swab itu diambil dari hasil tracking.

(Hend DK)