Momen 27 Tahun, SMAN 4 Jayapura Telah Banyak Menggoreskan Tinta Emas Di Dunia Pendidikan

Jayapura, Teraspapua.com – Dengan mengusung tema semangat demokrasi mewujudkan generasi emas yang eksis, konsisten , berprestasi, harmoni dan berkebhinekaan global. SMA Negeri 4 Jayapura merayakan 27 tahun usia sekolah, Senin (29/1/2024).

Momen tersebut berlangsung di pelataran SMA setempat dengan menghadirkan seluruh siswa-siswi, dewan guru, tata usaha komite, tapi juga orang tua.

banner 325x300banner 325x300

Hadir sekaligus memberikan sambutan Asisten II Setda Kota Jayapura Bidang Perekonimian dan Pembangunan. Ir. B. Widi Hartanti mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M, Si, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Abdul Majid dan Kepala Bidang Pembinaan SMA, Nur Jaya.

Pj Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M, Si dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten II Setda Kota Jayapura Bidang Perekonimian dan Pembangunan. Ir. B. Widi Hartanti mengatakan, SMA Negeri 4 Jayapura telah banyak menggoreskan tinta emas di dunia pendidikan, dengan memberikan sumbangsih dan peran positif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Papua pada umumny.

“Untuk itu, SMA Negeri 4 Jayapura semakin eksis, memberikan yang terbaik bagi pendidikan di kota Jayapura, terutama dalam menciptakan generasi muda di kota Jayapura yang berpegang teguh pada ideologi bangsa,” harapnya.

Apresiasi dan penghargaan juga diberikan kepada SMA Negeri 4 Jayapura yang ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kota Jayapura sebagai barometer dan kota studi di tanah Papua.

Dikatakan, penghargaan-penghargaan serta prestasi terus diraih, mulai dari tingkat daerah sampai tingkat nasional, maka tidak heran jika masyarakat menilai bahwa SMA Negeri 4 Jayapura adalah SMA unggulan di kota Jayapura yang juga sebagai barometer ditanah Papua.

Untuk itu Pekey juga berpesan kepada para siswa di SMA Negeri 4 Jayapura di momen hari ulang tahun ini, untuk terus belajar dan belajar karena hasil dari belajar itu untuk masa depan bukan di masa sekarang.

“Para guru terus mengaktualisasikan kreativitas dan bakat serta memotivasi para siswa dalam meningkatkan minat, bakat dan prestasi baik di bidang akademi maupun non akademik melalui peran dan karya nyata sehingga mampu meningkatkan pendidikan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Para siswa dan siswi juga diharapkan dapat menjadi agent of change (agen perubahan) dengan menjauhi penyakit masyarakat khususnya tidak mengkonsumsi miras ataupun narkoba, karena banyak kejahatan terjadi berawal dari pengguna narkoba dan konsumsi minuman keras yang berlebihan,” tandasnya.

Sementara kepala SMA Negeri 4 Jayapura, Djoko Martono, M. Pd kepada Teraspapua.com mengharapkan di usia 27 tahun ini, semakin maju, semakin berprestasi, membanggakan warga kota Jayapura pada khususnya dan papua secara umum.

“Prestasi anaka-anak di bidang akademik maupun non akademik betul-betul bisa terwujud. Djoko mengungkapkan, di bulan Januari tahun 2024 sudah ada sejumlah prestasi, 2 diantaranya adalah prestasi nasional dalam bidang olahraga karate piala Menpora.

Tapi prestasi anak-anak kita menjadi duta SMA tingkat nasional, OSIS tingkat nasional kemudian yang terakhir duta pendidikan tingkat nasional.

“Jadi, di tahun 2023/2024 ini sudah lebih dari 50 prestasi yang dicapai oleh anak-anak kita. Begitu pula dengan guru-guru,” tuturnya mantan Kepsek SMA Negeri 3 Buper itu.

Kendati begitu kepsek ingatkan, kita sebagai manusia tentu menggunakan ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk.

“Jadi, kita tetap bangga dengan prestasi, tetapi kita akan tetap mempunyai sikap moral yang lebih baik, karena sikap itulah yang lebih paling utama bagi kami.”

Djoko berharap pada seluruh peserta didik bisa semakin lebih baik, tunjukkanlah prestasi kalian. Baik prestasi akademik maupun non akademik, karena kalian bisa membanggakan kota Jayapura dan memakan Provinsi Papua.

“Dalam ulang tahun yang ke-27 ini, kita juga berharap para alumni juga bisa berkontribusi terhadap sekolah ini. Terima kasih untuk Pj Wali Kota, Pj Sekda yang begitu luar biasa membantu SMA Negeri 4 Jayapura,” imbuhnya.

Ditambahkan, untuk jumlah siswa yang masuk setiap tahun, sesuai dengan standar karena kita tidak bisa melebihi standar daripada ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Jadi, kita tetap 12 rombongan belajar setiap tahun ajaran baru, dengan jumlah peserta didik kurang lebih 36 per kelasnya,” katanya.

Pihaknya juga memberi kesempatan kepada semua guru, untuk meningkatkan kompetensi dan dedikasi mereka, karena mereka bisa menunjukkan kepada generasi muda Papua, seraya berharap Ke depan semakin banyak anak-anak Papua yang bisa kita terima sekolah di SMA Negeri 4 Jayapura, teristimewa untuk anak-anak Port Numbay,”

Sementara Ketua pantia HUT, Jeane Diane Maramis MPd yang juga Wakasek Humas dalam laporan mengatakan tujuan dari hari ulang tahun ini adalah memperingati dan memeriahkan hari ulang tahun ke-27 SMA Negeri 4 Jayapura.

Selain itu untuk mempererat silaturahmi antar warga sekolah dengan masyarakat di lingkungan sekitar sekolah,” tandasnya.

(Har/Ricko)