banner 325x300

PDAM Jayapura Raih 3 Penghargaan di Top BUMD Awards 2021

  • Bagikan

Jayapura, Teraspapua.com – Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 (Badan Usaha Milik Daerah) kembali diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA).

Dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai, bertempat di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat, 10 September 2021.

PDAM Jayapura meraih 3 Penghargaan skaligus pada ajang TOP BUMD, meriah level Bintang 4. Kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016.

Tema yang diangkat dalam TOP BUMD Awards 2021 ini adalah “Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi COVID-19”.

“Satu kebanggaan bagi PDAM Jayapura pada ajang top BUMD 2021 dengan meraih tiga penghargaan sekaligus, yaitu perusahaan mendapat level bintang 4 penilaian kinerja. Penghargaan top CEO atas nama Direktur Utama PDAM Jayapura dan Pembina yaitu Bupati dan Wali Kota Jayapura,” tutur Dirut PDAM Jayapura Entis Sutisna, Sabtu (11/9) pagi.

Dikatakannya, ajang top BUMD ini ternyata bisa membuktikan untuk kurun waktu 3 tahun terakhir PDM memperoleh hattrick, penilaian kinerja yang baik.

Menurutnya, hal – hal yang menyebabkan PDAM mendapatkan penghargaan, sebenarnya didasarkan pada empat kriteria yaitu adanya peningkatan kinerja .

“PDAM Jayapura saat ini kondisinya cukup sehat, mengalami perbaikan – perbaikan di bidang keuangan, manajemen operasional dan sumber daya manusia,” jelasnya.

Dan kinerja ini juga dibuktikan dengan hasil audit dari BPKP yang meraih opini PDM dalam kondisi sehat, adanya inovasi yang dilakukan,”lanjut Entis.

Entis menguraikan, inovasi – inovasi yang dilakukan, yaitu mampu memperbaiki sistem teknologi informasi. PDAM Jayapura saat ini mampu mengembangkan teknologi SiPPDAM pintar, Geografi Informasi Sistem dan PDM info.

“Inovasi – inovasi ini menjadikan PDAM semakin mendasarkan pada teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Entis.

Di mana lanjut Entis, saat ini pelanggan bisa membayar on time setiap waktu dan di manapun, baik itu di Perbankan, PT Pos Indonesia. Bahkan saat ini masyarakat bisa memperoleh kesempatan atau kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Saat ini ditambahkan Entis, seluruh jaringan distribusi transmisi sistem penyediaan air minum dari mulai intake sekarang sedang dipetakan.

“Jadi, PDM sudah melakukan pemetaan – pemetaan digitasi selain itu juga mengembangkan satu aplikasi PDM info yang bisa diunduh di Playstore,” ucapnya.

PDAM bisa memberikan kemudahan pelanggan. Jadi pelanggan tidak perlu mengadu keluhan – keluhan ke loket, cukup melalui HP, begitu juga membayar rekening air termasuk, apabila ada hal-hal yang dikeluhkan oleh masyarakat bisa melalui HP Android sehingga tidak perlu ke loket.

Inovasi lain PDAM saat ini sudah mampu meningkatkan ataupun melakukan disersifikasi usaha. PDAM saat ini sudah menghasilkan 2 merek minuman lokal yaitu RobongHollo dan Namwani dan kedua kemasan minuman ini menjadi ikon minuman resmi PON XX dan Peparnas.

Kemudian ujar Entis, PDAM memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah yang menjadikan dasar penilaian, dimana mampu memberikan berikan keuntungan yang diraih 2019 memperoleh laba Rp2 miliar dan kemudian tahun 2020 menjadi dasar penilaian di 2021 memperoleh kenaikan laba Rp2,5 miliar.

“Selain itu, upaya – upaya strategis yang dilakukan oleh PDAM atau CSR PDAM dimasa pandemic Covid-19 dengan memberikan bantuan bantuan wastafel portable, masker, distribusi air gratis kepada pelanggan yang membutuhkan layanan air bersih gratis, akibat kerusakan jaringan air bersih,” ujarnya lagi.

Sementara dalam hal memutus mata rantai Covid-19, yang dinilai bisa memberikan dampak terhadap upaya – upaya pemerintah dalam memutus mata rantai maupun menekan penyebaran wabah Covid – 19.

Tambah Entis, Wali Kota Jayapura memperoleh penghargaan karena bagaimanapun juga perkembangan dan kemajuan yang didapat oleh PDAM saat ini merupakan support, dukungan maupun motivasi yang di berikan yang bagi pengembangan PDAM Jayapura,” tandasna.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021, M. Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards, insya Allah merupakan kegiatan award BUMD Terbesar di Indonesia.

“Kegiatan Top BUMD Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, sejak 2016. TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia,” katanya sebagai mana rilis yang diterima media ini.

Yang diberikan kepada BUMD – BUMD Terbaik, yang dinilai: berkinerja baik, banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan.

Dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, memiliki strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

“TOP BUMD Awards 2021 ini, diikuti oleh 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 12%, dibanding tahun 2020 yang sebanyak 163 BUMD,” urainya. (Sei).

 

 

  • Bagikan